Payudara kendur saat hamil

Payudara kendur saat hamil, apakah hal tersebut menjadi hal yang wajar? Atau malah justru hal yang abnormal dialami oleh seorang wanita?

Tentu, payudara yang kendur membuat seorang wanita tidak percaya diri akan penampilannya. Bagi sebagian wanita, terkadang juga membuat sedikit risih.

Akan tetapi, tidak bisa dipungkiri bahwasannya payudara kendur itu pasti terjadi, yang paling umum ialah karena faktor usia. Akan tetapi, jika payudara kendur saat hamil, apakah wajar dan bisa diatasi?

Berikut New Briswa Official rangkum mengenai penyebab payudara kendur saat hamil dan bagaimana cara mengatasi secara mudah.

Penyebab Payudara Kendur saat Hamil

Payudara kendur saat hamil

9 bulan masa kehamilan merupakan masa yang menakjubkan, yang di lain sisi juga ada begitu banyak perubahan yang terjadi pada tubuh wanita.

Salah satu yang tidak terhindarkan ialah perubahan payudara kala hamil, yang bahkan masih bisa berlanjut hingga menyusui.

1. Faktor Alamiah

Setiap masa kehamilan, kepadatan payudara akan berkurang dan bahkan cenderung turun.

Akan tetapi, bisa jadi juga sebagai wujud syukur bagi wanita, karena hamil dan menyusui bisa menurunkan risiko terkena kanker payudara.

2. Terjadi Karena Kehamilan, Bukan Menyusui

Berdasarkan dari hasil studi maupun riset, kehamilan yang bisa memicu payudara seorang wanita menjadi menurun.

Payudara bisa menurun dikarenakan kelenjar susu menjadi mengembang dan berkontraksi. Sehingga, makin besar payudara, makin tegang pula kulit dan jaringan pengikat pendukungnya.

Ini berakibat kulit juga menjadi meregang secara permanen.

3. Berubah dalam Beberapa Tahapan

Perubahan payudara ini terjadi karena tubuh yang melepas hormon estrogen dan progesteron.

Di lain sisi, ada juga hormon prolaktin yang mampu memicu dan membantu produksi ASI. Ini menjadi pertanda jika ibu hamil telah siap untuk proses menyusuinya nanti.

Sementara itu, bentuk payudara akan berubah dalam 3 fase selama masa kehamilan:

  1. Trimester pertama (minggu ke-1 sampai minggu ke-12). Pengaruh perubahan hormon estrogen, progesteron, dan prolaktin ini membuat ibu hamil biasanya mengalami nyeri, geli, hingga rasa bengkak pada payudara. Dalam beberapa case, ibu hamil bisa jadi tidak nyaman dan biasanya juga terdapat garis stretch mark.
  2. Trimester kedua (minggu ke-13 sampai minggu ke-16). Payudara akan semakin berat di fase ini. Biasanya, perubahan terjadi di area puting, yang mana warna puting dan areola menjadi lebih gelap.
  3. Trimester ketiga (minggu ke-27 sampai hari persalinan). Puting dan payudara akan terus membesar, diakibatkan oleh produksi ASI yang meningkat. Adanya pengaruh hormon prolaktin dan oksitosin yang disekresikan dari kelenjar hipofisis posterior, selama akhir kehamilan, sel-sel alveolar dapat menghasikan ASI dini yang biasa dikenal dengan nama kolostrum.

Cara Mengatasi Payudara Kendur saat Hamil

Bra wanita

Sebenarnya, cara mengatasi payudara kendur saat hamil hampir sulit untuk dilakukan. Karena, perubahan pada payudara saat hamil adalah perubahan yang normal.

Sementara itu, cara mengatasinya baru bisa dilakukan setelah masa kehamilan tersebut selesai. Berikut ada beberapa cara mengatasi payudara kendur saat hamil dengan mudah:

1. Memijat Payudara

Memijat payudara bisa menjadi salah satu cara mengatasi payudara kendur saat hamil dengan efektif pasca melahirkan.

Lebih dari itu, memijat payudara juga mampu memperbaiki aliran darah, hingga meningkatkan pertumbuhan sel.

2. Konsumsi Makanan yang Mengandung Fitoestrogen

Fitoestrogen adalah senyawa alami yang ada di dalam tumbuhan. Senyawa ini juga biasa ditemukan di berbagai macam makanan nabati, seperti buah-buahan, sayuran kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Makanan yang mengandung senyawa ini ialah kacang kedelai, edamame, tahu, hingga brokoli.

3. Menggunakan Bra yang Tepat

Untuk meminimalisir risiko, cara mengatasi payudara kendur saat hamil ialah dengan menggunakan bra yang tepat sesuai dengan ukurannya.

Ukuran bra yang terlalu ketat maupun terlalu longgar sangat tidak bagus. Sementara itu, jenis bra yang direkomendasikan adalah push-up bra yang bisa menangkat payudara, sekaligus membuatnya menjadi tampak lebih berisi.

4. Menyusui

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwasannya menyusui tidak berpengaruh terhadap payudara yang kendur.

Justru dengan menyusui ini membuat payudara menjadi lebih baik dengan cara mempertahankan bentuknya agar tidak mengendur.

5. Menjaga Berat Badan Ideal

Tentunya, di saat kehamilan, berat badan akan naik. Penambahan berat badan bisa memicu ligamen di dekat payudara menjadi meregang sedikit dan akhirnya membuat payudara terlihat turun.

Alangkah baiknya, segera atur program dalam menurunkan berat badan secara perlahan, misal bisa dengan melakukan diet yang sehat sebagai cara alami yang ampuh.

Sepatah Kata dari Kami

Payudara kendur saat hamil sebenarnya hal yang wajar. Mengapa bisa dikatakan wajar? Karena ini merupakan perubahan hormon pada wanita yang hamil.

Di lain itu, bisa juga untuk menyiasatinya setelah masa hamil selesai, yakni pada fase menyusui. Menyusui rutin maupun memijatnya, bisa membantu mempertahankan bentuk payudara.

Lebih dari itu, penting juga untuk mempertahankan berat badan, pola makan, hingga asupan nutrisi yang penting untuk dapat dikonsumsi.

By Habibullah

SEO Expert (4+ years) • Digital Marketing Agency (now) • Manage 11 sites with 2M+ page views • Business inquiries: https://linktr.ee/habibullahaf

Leave a Reply

Your email address will not be published.