Apakah payudara kendur normal?

Salah satu pertanyaan apakah payudara kendur normal menjadi hal yang perlu menjadi pertimbangan tersendiri. Karena, ada beberapa aspek yang normal dan tidak normal.

Payudara kendur bagi seorang wanita tentu akan sangat berpengaruh terhadap penampilannya, tanpa terkecuali. Rasa percaya dirinya menjadi turun.

Apalagi, saat masih muda, tepatnya masih remaja, malah mengalami gejala payudara kendur. Tentu tidak ingin dan menjadi malu jika miliknya terasa “tidak sehat”.

Berikut Serum New Briswa Official rangkum mengenai apakah payudara kendur normal? Apakah perlu diobati atau dibiarkan saja?

Apakah Payudara Kendur Normal?

Apakah payudara kendur normal?

Payudara kendur menjadi salah satu masalah atau problem yang paling umum terjadi dan dialami oleh sebagian besar wanita. Di dalam istilah medis, dinamakan dengan ptosis payudara.

Pada umumnya, payudara yang kendur ini terjadi secara alami sebagai salah satu bagian dari proses penuaan. Akan tetapi, bahkan usia remaja pun bisa mengalaminya akibat dari pola hidup yang kurang sehat.

Jika ditanya mengenai apakah payudara kendur normal? Jawabannya, normal.

Ada beberapa macam penyebab yang membuat payudara menjadi mudah kendur:

  • Menggunakan bra yang tidak sesuai ukuran. Ini menjadi salah satu penyebab paling umum, karena sebagian besar wanita menggunakan bra secara asal-asalan, tanpa melihat efek jangka panjangnya yang bisa memicu terjadinya risiko payudara mengendur.
  • Melakukan olahraga dengan intensitas yang tinggi. Siapapun, baik itu pria ataupun wanita tidak disarankan melakukan olahraga dengan intensitas yang tinggi. Olahraga berlebih ini tentunya tidak baik bagi kesehatan payudara wanita.
  • Crash diet. Crash diet menjadi salah satu cara menurunkan berat badan dalam waktu yang singkat, bertujuan mengurangi berat badan secara cepat. Jangan pernah melakukan crash diet, karena nutrisi tubuh akan tergerus drastis, dan sangat tidak baik bagi kondisi fisik maupun mental.
  • Mempunyai postur tubuh yang buruk. Postur tubuh ini juga menjadi salah satu problem yang kerap kali di alami, salah satu contoh paling mudah ialah saat duduk. Jika posisi duduk kamu sering membungkuk ke depan, maka berakibat buruk pada bagian leher, punggung, bahu, bahkan hingga berisiko membuat payudara menjadi menurun.
  • Posisi tidur yang salah. Salah satu posisi tidur yang tidak disarankan ialah tengkurap, di mana posisi ini menekan sendi tulang bagian belakang dan punggung dengan menghadap ke kasur. Bisa dikatakan, posisi tengkurap menjadi salah satu posisi terburuk bagi payudara wanita.

Sekali lagi, payudara kendur pada wanita itu adalah hal yang normal.

Akan tetapi, biasanya jika terjadi pada usia remaja atau usia muda, berarti ada yang salah terhadap gaya hidup yang dilakukannya. Penting untuk meminimalisir gaya hidup yang buruk tersebut sebelum menjadi suatu kebiasaan.

Apakah Meremas Payudara Bisa Membuat Kendur?

Penting untuk diketahui, bahwasannya aktivitas atau kegiatan meremas payudara ini pada dasarnya sama sekali tidak berefek membuat payudara menjadi kendur.

Efek yang sering terjadi jika meremas payudara ialah nantinya payudara akan dialiri oleh darah saat terangsang secara seksual, sehingga payudara menjadi sedikit lebih besar sesaat.

Di lain sisi, walau meremas payudara tidak membuatnya menjadi kendur, tetapi meremasnya juga tidak serta-merta membuat ukurannya menjadi besar.

Walaupun Normal, Tetapi Harus Perhatikan dan Jadi “Warning” Tersendiri

Memang, mengenai pertanyaan apakah payudara kendur normal itu menjadi salah satu hal yang wajar, tetapi ini menjadi suatu warning tersendiri.

Mengapa dijadikan sebagai warning? Karena, satu-satunya penyebab utama dan paling besar payudara kendur itu ialah faktor usia atau penuaan.

Jika kamu masih muda tetapi mengalami payudara kendur, ini menjadi sebuah pertanyaan tersendiri. Berarti, ada yang salah terhadap kebiasaan gaya hidupmu, seperti kebiasaan buruk merokok.

Merokok perlu untuk dihindari dan jangan pernah dilakukan lagi, karena bisa memicu penyakit yang lebih parah, seperti:

  • Kanker serviks
  • Kanker usus besar
  • Kanker payudara
  • Kanker paru-paru
  • Penyakit jantung dan pembuluh darah
  • Gangguan menstruasi
  • Menopause lebih cepat
  • Gangguan kesuburan (infertilitas)
  • Komplikasi kehamilan
  • Gangguan kesehatan tulang

Kebiasaan Buruk yang Sering Dilakukan Wanita

Bermain gadget

1. Tidak Terlalu Banyak Bergerak

Terlalu sering bersantai dan kurang bergerak jugabisa membuat penuaan datang menjadi cepat dibandingkan dari seharusnya, baik itu secara fisik ataupun mental.

Tidak hanya memicu penuaan dini, bahayanya juga bisa menyebabkan risiko kematian dini secara lebih cepat pula.

2. Memiliki Jadwal Tidur yang Berantakan

Di dalam suatu studi, menunjukkan bahwasannya orang dewasa yang tak memiliki tidur cukup dalam sehari, kurang dari 8 jam sehari, bisa mempercepat terjadinya penuaan.

Penuaan ini bisa berkolerasi buruk dengan kesehatan kulit, di mana kulit juga akan mengalami penuaan. Apalagi saat terkena sinar matahari secara langsung.

3. Terlalu Menghabiskan Banyak Waktu dengan Gadget-nya

Gadget memang tidak bisa dipungkiri bisa mengakibatkan terjadinya kecanduan, karena ada berbagai macam entertainment yang dihasilkan melalui gadget.

Akan tetapi, terlalu lama dengan cahaya biru (blue light) yang dipancarkan oleh komputer, laptop, smartphone, dan segala sesuatunya bisa mempercepat proses penuaan.

Blue light ini juga bisa merusak sel-sel otak dan juga mata.

Sepatah Kata dari Kami

Jawaban dari pertanyaan apakah payudara kendur normal itu sebenarnya memang hal yang lumrah dan normal.

Akan tetapi, walaupun normal, perhatikan kebiasaan buruk yang sering kamu lakukan di usia muda. Agar, payudara kendur ini tidak datang secara lebih cepat.

Tentunya, hal ini menjadi sangat penting, karena payudara bagi wanita itu merupakan salah satu aset tersendiri yang sangat berharga dan tergolong sulit untuk dirawat.

By Habibullah

SEO Expert (4+ years) • Digital Marketing Agency (now) • Manage 11 sites with 2M+ page views • Business inquiries: https://linktr.ee/habibullahaf

Leave a Reply

Your email address will not be published.